KOMUNIKASI
Komunikasi berasal dari kata Latin Communicare yang
berarti sama atau menjadikan milik bersama. Kalau kita berbicara atau berkomunikasi dengan
orang lain, berarti kita berusaha agar apa yang disampaikan kepada orang lain
tersebut menjadi miliknya. Secara lebih spesifik, Pengertian atau definisi
komunikasi dapat disimpulkan dari berbagai istilah komunikasi
berdasarkan pencetusnya.
Onong Cahyana Effendi
Komunikasi adalah
proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu,
mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan (langsung) ataupun
tidak langsung (melalui media).
KEPEMIMPINAN
Dalam bahasa Indonesia
"pemimpin" sering disebut penghulu, pemuka, pelopor, pembina,
panutan, pembimbing, pengurus, penggerak, ketua, kepala, penuntun, raja,
tua-tua, dan sebagainya. Sedangkan istilah Memimpin digunakan dalam konteks
hasil penggunaan peran seseorang berkaitan dengan kemampuannya mempengaruhi orang
lain dengan berbagai cara.
Istilah pemimpin, kemimpinan, dan memimpin pada mulanya berasal dari kata dasar yang sama "pimpin". Namun demikian ketiganya digunakan dalam konteks yang berbeda.
Pemimpin adalah suatu lakon/peran dalam sistem tertentu; karenanya seseorang dalam peran formal belum tentu memiliki ketrampilan kepemimpinan dan belum tentu mampu memimpin. Istilah Kepemimpinan pada dasarnya berhubungan dengan ketrampilan, kecakapan, dan tingkat pengaruh yang dimiliki seseorang; oleh sebab itu kepemimpinan bisa dimiliki oleh orang yang bukan "pemimpin".
Istilah pemimpin, kemimpinan, dan memimpin pada mulanya berasal dari kata dasar yang sama "pimpin". Namun demikian ketiganya digunakan dalam konteks yang berbeda.
Pemimpin adalah suatu lakon/peran dalam sistem tertentu; karenanya seseorang dalam peran formal belum tentu memiliki ketrampilan kepemimpinan dan belum tentu mampu memimpin. Istilah Kepemimpinan pada dasarnya berhubungan dengan ketrampilan, kecakapan, dan tingkat pengaruh yang dimiliki seseorang; oleh sebab itu kepemimpinan bisa dimiliki oleh orang yang bukan "pemimpin".
Pemimpin jika
dialihbahasakan ke bahasa Inggris menjadi "LEADER".
KESIMPULAN
Jadi, pentingnya
hubungan komunikasi dan kepemimpinan dalam organisasi adalah untuk memperbaiki
organisasi itu sediri. Serta kemajuan organisasi, dimana suatu organisasi biasa
sikatakan sukses apabila hubungan komunikasi antar anggota berjalan harmonis.
Begitu pula kepemimpinan sangat diperlukan bila organisasi ingin sukses. Karena
kepemimpinan mempengaruhi aktifitas-aktifitas sebuah kelompok kearah pencapaian
tujuan bersama.
Sumber :
http://deviyuliaekaputri.blogspot.com/2011/10/pengertian-motivasi-komunikasi-dan.html
0 komentar:
Posting Komentar