Kamis, 13 November 2014

Jelaskan tentang perkembangan jaringan komputer sebagai sarana yang digunakan dalam proses telematika

Perkembangan jaringan komputer sangat berpengaruh besar dalam masyarakat global. Telematika memegang peranan penting dalam pembelajaran, bisnis dan juga jejaring sosial, maka seiring berjalannya waktu kebutuhan masyarakat global pun semakin bertambah, untuk itu di perlukan kemajuan perkembangan jaringan pada komputer atau media lain yg digunakan dalam telematika. Dengan demikian, semakin berkembang semakin mudah dalam segala proses telematika tersebut, dalam pembuatannya ataupun pengaplikasiannya. contohnya handphone / telepon genggam adalah salah satu media telematika, semakin jaringan komputer berkembang jaringan handphone pun berkembang, dan semakin mudah dalam pemrosesan apapun dalam telematika. Saat ini jaringan pada handphone sudah mencapai 4G, hal ini dibuat agar memudahkan dalam pengkomunikasian dalam telematika tersebut.
Kelancaran proses alih informasi dan pengolahan data akan sangat membantu perkembangan dunia usaha, industri dan pendidikan untuk banyak hal. Proses alih informasi dan pengolahan data akan lebih cepat jika berlangsung antar komputer dibandingkan dengan fax.

Satu hal yang membedakan aplikasi jaringan komputer dengan teknologi lainnya adalah tidak adanya batasan dimensi ruang dan waktu. Sebagai contoh, diskusi / seminar / konferensi secara elektronik dapat berlangsung kapan saja, di mana saja bahkan tidak terikat pada batas-batas negara. Globalisasi sangat terasa dengan adanya jaringan komputer. Tata cara komunikasi merupakan faktor penting pada pengkaitan jaringan komputer lokal di gedung-gedung. Pemilihan tata cara komunikasi dilakukan dengan memperhitungkan kompatibilitas dengan cara komnukasi yang umum digunakan. Saat ini, tata cara komunikasi TCP / IP merupakan standar yang digunakan di jaringan-jaringan komputer lokal di gedung-gedung.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites