Sabtu, 05 November 2011

Tugas 1 bagian ke-2

PENGARUH PERTUMBUHAN PENDUDUK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL DI INDONESIA


             Pertambahan penduduk akan menyebabkan perubahan dalam pola tempat tinggal. Tempat tinggal mereka yang semula terpusat pada lingkungan kerabat, berubah terpencar dengan berorientasi pada pekerjaan atau mata pencaharian penduduk.
            Semakin berkurangnya penduduk, pertumbuhan masyarakat secara keseluruhan terhambat. Contohnya : urbanisasi, menyebabkan sulitnya mendapatkan tenaga muda yang membawa dampak terhambatnya program modernisasi desa.
            Masyarakat Indonesia telah mengalami berbagai macam perubahan sosial. Perubahan sosial selalu terjadi tanpa henti baik di desa maupun si kota. Perbedaan-perbedaan itu menunjukkan perubahan baik dibidang ekonomi, politik, hukum, pendidikan, maupun kesehatan.
            Perubahan itu ditandai dengan tingkat pendapatan yang semakin meningkat, stabilitas makin terjamin, pelaksanaan dan kesadarn akan pentingnya hukum makin meningkat.
            Perubahan sosial dapat menyebabkan suatu keadaan yang norma-norma atau nilai-nilai lama memudar. Keadaan ini merupakan suatu masa kritis dalam masyarakat yang disebut anomi, suatu keadaan tidak ada pegangan apa terhadap apa yang baik dan buruk bagi masyarakat.
            Perubahan terjadi dengan menerima sesuatu hal baru yang dianggap dapat menaikkan status sosial atau lambang kemodernan tanpa menggunakan kontrol, tetapi norma yang dikandungnya masih yang lama. Jadi, norma yang dikandungnya masih tradisional sedangkan bentuk luarnya modern.
Beberapa perilaku masyarakat sebagai akibat perubahan sosial budaya, antara lain sebagai berikut :
1. Aksi protes
2. Demonstrasi
3. Kenakalan remaja
4. Kriminalitas
5. Pergolakan daerah

“Perubahan yang bertujuan membentuk manusia seutuhnya dan bagi seluruh masyarakat Indonesia, berarti menjaga dan melanjutkan kesinambungan masyarakat Indonesia. Apabila tujuan itu tercapai, maka kesinambungan masyarakat Indonesia akan tercapai. “

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites